Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri yang dilakukan secara sistematis dan metodologis sesuai standar ilmiah yang menjadi nilai dasar kajian keilmuan di perguruan tinggi. Selain itu, Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan hasil penelitian lapangan atau penelitian pustaka yang merupakan salah satu komponen kurikulum Program Sarjana dengan bobot satuan kredit (SKS) tertentu. Penulisan skripsi bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam memecahkan problem melalui metode ilmiah.

Menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa S1 Program Studi Ekonomi Syariah yang akan menyelesaikan studi program sarjana (S1) nya. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui mahasiswa, mulai dari mengusulkan judul kepada ketua program studi, melakukan revisi judul, menerima penetapan dosen pembimbing skripsi, seminar proposal skripsi, sampai akhirnya nanti melaksanakan ujian skripsi. Pihak program studi, fakultas dan kampus Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban terus berupaya agar karya yang dihasilkan mahasiswa merupakan karya yang berkualitas. Upaya tersebut dilaksanakan dengan memperdalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian, melaksanakan praktik menulis proposal, sampai pada pembekalan khusus yang dilaksanakan sebelum mahasiswa menulis proposal skripsi.

            Bertempat di Gedung A Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah melaksanakan seminar proposal skripsi pada hari ini, 9 Februari 2021. Dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dan menjaga jarak, seminar proposal skripsi berjalan dengan lancar. Menghadapi 2 penguji, setiap mahasiswa mempresentasikan proposal skripsi mereka untuk nantinya dilanjutkan dengan penelitian lanjutan jika lulus pada proses ini. Dalam proses ini, mahasiswa diajarkan bagaimana mempertanggungjawabkan apa yang mereka tulis di dalam proposal sehingga nantinya akan menjadi karya yang berkualitas.

            Tema yang diangkat oleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah cukup bervariatif dengan lokasi penelitian di berbagai Lembaga keuangan Syariah, baik bank maupun non-bank. Hasil karya skripsi ini nantinya tidak akan hanya berupa laporan penelitian,namun juga akan diubah menjadi artikel ilmiah yang akan dipublikasikan di berbagai jurnal nasional terakreditasi. Hal ini sebagai bentuk diseminasi hasil penelitian dan pengembangan tri dharma yang ada di Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban.

Warna Warni Seminar Proposal Skripsi Prodi Ekonomi Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *