Penulisan jurnal ilmiah menjadi salah satu kewajiban dari setiap dosen, baik di bawah naungan Kementerian Agama atau Kemenristek Dikti. Saat ini, jumlah jurnal yang telah diakreditasi belum memenuhi jumlah yang telah ditargetkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Oleh karena itu berbagai macam usaha dilakukan akan jumlah jurnal yang terakreditasi memenuhi jumlah yang diinginkan. Salah satu yang dilakukan oleh Kementerian Agama adalah dengan mengadakan Coaching Areditas Jurnal baik untuk PTKIS maupun PTKIN.

Bertempat di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, pengelola jurnal dari seluruh Indonesia berkumpul untuk menerima pembekalan dan pelatihan terkait dengan akreditasi jurnal, salah satunya adalah perwakilan dari Prodi Ekonomi Syariah. Prodi ini mengelola satu jurnal bernama Journal of Sharia Economics. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 18-19 October 2019 ini memaparkan banyak hal baik terkait teori maupun praktik pengajuan jurnal dalam akreditasi Sinta, termasuk bagaimana pengisian borang akreditas.

Saat ini Journal of Sharia Economics telah berhasil menerbitkan dua edisi, sehingga baru akan diajukan akreditasi pada tahun 2020. Hal ini karena syarat untuk dapat mengajukan akreditasi adalah telah menerbitkan 4 kali terbitan secara berurutan. Ilmu yang didapatkan pada acara yang diadakan oleh Kementerian Agama tersebut menjadi bekal untuk dapat mengajukan akreditasi mendatang. Tahun 2019 ini, Jurnal Studi Keislaman yang dikelola oleh STAI Al Hikmah Tuban yang akan diajukan untuk akreditasi.

Perwakilan Prodi Ekonomi Syariah dalam Coaching Akreditasi Jurnal PTKIS Dan PTKIN oleh Kemenag RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *