Sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan di setiap aspek, STAI Al Hikmah Tuban, mulai mengaplikasikan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Ini merupakan terobosan baru yang diambil oleh STAI Al Hikmah Tuban demi perbaikan diri untuk menuju Institu Agama Islam (IAI) Al Hikmah Tuban. Terdapat banyak sekali menu atau aplikasi yang ditawarkan untuk mempermudah mahasiswa, dosen, maupun staff serta seluruh civitas akademika dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, misalnya saja SIRAK (Sistem Informasi Akademik), SIMA (Sistem Informasi Monitoring Akademik), SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa), SIKU (Sistem Informasi Keuangan), SIMPEL (Sistem Informasi Pelaporan), SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru), SU (Super User), SIDA (Sistem Informasi Wisuda), DIGILIB (Digital Library), SIMS (Sistem Informasi Monitoring Studi), SIPM (Sistem Informasi Penjaminan mutu), ANGKET (Anjungan Akademik Terpadu), TRACER STUDY, SIMPEG (Sistem Informasi Pegawai), Presensi, SIKA, SILAB dan SINVEN.

Karena beberapa sistem di atas merupakan sistem baru, maka diadakanlah pelatihan yang dilaksanakan bagi dosen dan staff serta pimpinan yang ada di Lingkungan STAI Al Hikmah Tuban, termasuk bagi dosen dan staff Program Studi Ekonomi Syariah. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 Desember 2018 ini diharapkan dapat membantu memperlancar penggunaan SIAKAD secara efektif dan efisien. Meskipun belum dilaksanakan secara keseluruhan, seluruh program SIAKAD tersebut di atas diharapkan akan dapat digunakan dan diaplikasikan secara penuh pada tahun 2019 mendatang.

STAI Al Hikmah Tuban saat terus berbenah dan meningkatkan pelayanan pada berbagai bidang sebagai upaya nyata menuju IAI Al Hikmah Tuban yang menjadi cita-cita seluruh civitas akademika. Program Studi Ekonomi Syariah juga turut serta dalam pelatihan tersebut dengan harapan dapat terus meningkatkan kualitas program studi dan mahasiswa sehingga kegiatan akademik akan terus berjalan dengan lancar. (NNH)

 

 

 

Pelatihan SIAKAD bagi Dosen dan Staff Prodi Ekonomi Syari’ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *